Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

  • PENGENALAN PBAK, RPS DAN KONTRAK PERKULIAHAN

    Pokok bahasan ini menjelaskan tentang pentingnya mempelajari mata kuliah PBAK serta pengertian korupsi, Capaian Pembelajaran, RPS dan Kontrak Perkuliahan. Dengan mempelajari pokok bahasan ini maka diharapkan mahasiswa mampu memahami pentingnya mempelajari PBAK, RPS dan Capaian Pembelajaran mata kuliah Pendidikan Budaya Anti Korupsi.

  • PENGERTIAN DAN SEJARAH KORUPSI

    Pokok bahasan ini  menjelaskan tentang beberapa pengertian korupsi dan sejarah terjadinya korupsi di Indonesia dan proses penanggulangannya.

    Dengan mempelajari pokok bahasan ini mahasiswa diharapkan mampu untuk memahami dan menjelaskan Pengertian Korupsi dan sejarahnya di Indonesia


  • BENTUK-BENTUK KORUPSI

    Materi ini membahas tentang berbagai bentuk perilaku korupsi yang dapat dihukum menurut peraturan perundang2an yang berlaku. 

    Dengan mempelajari materi ini mahasiswa mampu memahami berbagai macam bentuk korupsi dan berharap agar dapat menghindari perbuatan korupsi tersebut.



    • MATERI BENTUK-BENTUK KORUPSI Berkas
      Terbatas Tersedia sampai 29 Juli 2023, 19:54
  • FAKTOR PENYEBAB KORUPSI

    Pokok bahasan ini penting untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab seseorang melakukan korupsi. 

    Dengan mengetahui penyebabnya maka maahasiswa diharapkan akan dengan mudah menghindari perilaku Korupsi.


    • FAKTOR PENYEBAB KORUPSI Berkas
      Terbatas Tersedia sampai 29 Juli 2023, 19:54
  • NILAI-NILAI ANTI KORUPSI

    Pokok bahasan ini membahas tentang beberapa nilai yang wajib dimiliki untuk mencegah perilaku korupsi yang disebabkan oleh faktor dari dalam diri sendiri.

    Dengan mempelajari pokok bahasan ini diharapkan agar mahasiswa mampu memahami Nilai-nilai Anti Korupsi untuk mencegah perilaku korupsi.

  • PRINSIP-PRINSIP ANTI KORUPSI

    Pokok bahasan ini membahas tentang beberapa nilai yang wajib diterapkan dalam lingkungan organisasi atau institusi untuk mencegah perilaku korupsi yang disebabkan dari luar diri..

    Dengan mempelajari pokok bahasan ini diharapkan agar mahasiswa mampu memahami Prinsip-prinsip Anti Korupsi yang dapat diterapkan agar dapat mencegah perilaku korupsi yang disebabkan oleh factor dari luar diri.

  • DAMPAK MASIF KORUPSI

    Pokok Bahasan ini membahas tentang seberapa masif dampak yang ditimbulkan oleh maraknya korupsi yang terjadi. Korupsi dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kondisi ekonomi, sosial budaya, politik dan demokrasi, pelayanan publik, kewibawaan pemerintah, eksisteni hukum, pertahanan keamanan dan lingkungan hidup. 

    Dengan mengetahui dan memahami dampak korupsi ini, mahasiswa diharapkan mampu untuk mencegah dan memberantas perilaku korupsi secara masif pula.

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

    UTS dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang telah diajarkan sejak pertemuan pertama sampai pertemuan ketujuh.

    Dilakukan secara offline di kelas dan soal-soal dikerjakan secara online melalui link dibawah ini

    Selamat mengerjakan UTS PBAK tanpa Korupsi !!!!!

    • SOAL-SOAL UTS ANTI KORUPSI D4 GIGI 2023 URL
      Terbatas Tersedia sampai 9 Mei 2023, 10:00
  • TIPIKOR DALAM PERUNDANG-UNDANGAN

    Pokok Bahasan ini membahas mengenai tindak pidana korupsi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, serta unsur-unsur dan ancaman hukumannya. 
    Dengan mempelajari pokok bahasan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan mengidentifikasi tindak pidana korupsi yang selama ini terjadi di Indonesia. 
    • VIDEO SINGKAT TIPIKOR DALAM PERUNDANG-UNDANGAN URL
      Terbatas Tersedia sampai 30 Agustus 2023, 19:00
  • UPAYA PENANGGULANGAN KORUPSI

    Pokok bahasan ini membahas mengenai upaya di berbagai bidang yang dapat dilakukan untuk menanggulangi terjadinya korupsi.

    Dengan mempelajari pokok bahasan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami segala upaya yang dapat dilakukan dalam menanggulangi terjadi korupsi.


  • KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI

    Pokok bahasan ini membahas tentang tugas dan tanggung jawab KPK serta peranan KPK dalam pemberantasan korupsi di Indonesia,

    Dengan mempelajari pokok bahasan mahasiswa diharapkan dapat memahami tugas dan tanggung jawab KPK serta peranan KPK dalam pemberantasan korupsi di Indonesia

  • PERKEMBANGAN TINDAK PIDANA KORUPSI

  • KORUPSI DI PELAYANAN PUBLIK

    Pokok bahasan ini membahas tentang pengertian, jenis dan penyelenggara pelayanan publik, serta beberapa bentuk korupsi pada pelayanan public dan tatacara pelaporannya.

    Dengan mempelajari pokok bahasan mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tentang pengertian, jenis dan penyelenggara pelayanan publik, serta beberapa bentuk korupsi pada pelayanan public dan tatacara pelaporannya.


  • GERAKAN INTERNASIONAL PEMBERANTASAN KORUPSI

    Pokok bahasan ini membahas tentang berbagai macam gerakan  dan instrument internasional pencegahan korupsi yang dilakukan badan resmi maupun masyarakat internasional.

    Dengan mempelajari pokok bahasan mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tentang berbagai macam gerakan  dan instrument internasional pencegahan korupsi yang dilakukan badan resmi maupun masyarakat internasional


  • PERAN MAHASISWA DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI

    Pokok bahasan ini membahas tentang peran mahasiswa dan aksi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam memberantas korupsi.

    Dengan mempelajari pokok bahasan mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan tentang peran mahasiswa dan aksi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam memberantas korupsi, dan dapat memanfaatkan dengan baik peran tersebut

  • UJIAN AKHIR SEMESTER